Sharing My Experience

Cara Upgrade/downgrade OS Blackberry

Salam sobat bloger, kali ini saya mau kasih tips bagaimana cara upgrade atau downgrade OS blackberry kamu. pertama2 saya mau jelasin dulu apa itu OS, OS itu adalah Operation System jadi kalo ga ada OS kamu ga bisa ngejalanin aplikasi di BB kamu sob. Kegunaan dari Upgrade OS sih katanya supaya lebih cepet aja, trus memperbagus tampilan, tapi terkadang ada juga yang ga support malah lemot pengen di banting, makanya disini saya bakal kasih tips buat sobat semua. ok tanpa basa basi lagi kita lansung ke pengerjaannya.

Software yang digunakan :

1. Blackberry Desktop Software (Bisa di download disini)

2. OS Blackberry( http://www.berryindo.com/blackberry-official-os-download-list/), misal saya pilih Telkomsel Indonesia, lalu pilih tipe BB kamu, misalnya saya pilih 9700 oke tinggal download aja selesai .

3. Kabel data Khusus BB kamu


Langkah-lakahnya :

1. Siapkan Blackbery sobat
2. Install Blackberry desktop software yang sudah di download tadi ke PC/laptop sobat
3. Install OS blackberry yang sudah sobat download juga
4. Restart PC sobat
5. Setelah hidup, Selanjutnya masuk ke (C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader) hapus vendor.xml

Aman semuanya? Lanjuttt....

6. Buka Blackberry desktop software
7. Hubungkan BB anda dengan PC meggunakan kabel data
7. Backup BB anda,  klik Device, Backup
8. Selanjutnya cabut lagi BB anda dari PC, Lalu wipe bb anda (Menu BB, Setting, Security, security wipe, ok). Semua data dalam bb anda sudah hilang jangan panik ya sob
9.  Hubungkan lagi dengan PC
10. Buka loader.exe (C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader)
11. Pilih next, Jika sudah di hubungkan dengan benar akan terdeteksi Pin bb anda, jika benar klik next lagi dan akan ada proses penginstallan.
12. Selanjutnya anda hanya mengikuti petunjuk dan tunggu sampai bb anda benar-benar nyala dan booting, jangan cabut kabel data dari bb ke PC sampai benar2 selesai ingat.
13. Selesai deh proses pengupgradetan nya sob, sekarang kamu tinggal restore aja data2 kamu ke blackberry, Buka blackbery desktop software, device, restore, pilih file yan kamu backup tadi.

Nah kalau Downgrade hampir sama kayak diatas caranya sob, tapi kamu download OS yang di bawah dari OS kamu, misalnya kamu skrg OS 6 pengen balik ke OS 5 ya tinggal download aja yang OS 5 nya trus ikutin petunjuk diatas dari nomor 1, sekian dari saya terimakasih, Senangnya berbagi pengalaman :)



NB: Jika error atau ketika penginstalan OS terjadi error, kemungkinan kabel data tidak cocok dengan BB anda atau ada langkah2 yang salah dalam penginstalan,  kalau ada pertanyaan tinggal comment aja jangan malu-malu :) atau mention saya di twitter @trinoto have nice day :)
5 Komentar untuk "Cara Upgrade/downgrade OS Blackberry"

untuk download file os yang all operator bagaimana caranya ya gan,mohon pencerahanya.karena BB saya 9700,muncul App Error 523,tapi pas pake desktop manager suusah sekali koneksinya dan setelah konek di situ ada notifikasi tidak ada yg perlu di perbaharui lagi,tolong gan,ane pusink banget neeehhhh...

wah terus gimana kelanjutanya sob

saya download os untuk bb 9700 saya yang sebelumnya os 6 , jadi downgrade os 5 yang model software ini bb sofware resminya langsung,

tapi gan , kenapa jadi lambat koneksi jaringan internet saya , jadi lambat , waktu saya os enam lancar koneksi hanya sistem yang lambat , ini malah kenbalikan setelah saya downgrade ??

9700jAllLang_PBr5.0.0_rel1022_PL5.1.0.147_A5.0.0.593_3_Indonesia

memang saya ambil sofware yang os 5 paling rendah versinya , apa karna os 5 yang saya ambil terllalu rendah ??
mohon balasan nya

trimakasih

Gan BlackBerry z3 punya saya kok gk bisa install aplikasi dri goggle yaa... loadingnya lama bgt.. udah aku coba tunggu sampe semaleman tpi hasilnya nihil.. tulisannya "sedang memproses" terus.. itu apa ya yang salah.. padahal keamanan udh saya izinkan.. tolong bantu gan..

Back To Top