Sharing My Experience

Mengenal Virus dan Cara Mengatasinya

   Di postingan gua kali ini, gue mau share-share pengalaman tentang virus komputer. Kemaren baru aja komputer gue mati total gara-gara virus, soalnya gue tuh males banget kalo mau pasang antivirus-antivirus gitu, mesti update lah, mesti bayar lah buat beli license, aduh ribet. Komputer atau Laptop pasti rentan terhadap virus, Virus lokal maupun virus luar. Jadi Virus tuh bagian dari Malware(Malicious software), tujuan dari virus ini untuk merusak sistem perangkat lunak atau hardware dari komputer kita. Virus itu bisa masuk lewat mana aja, misalnya lewat email, attachment, download-tan, pokoknya dari file yang udah terinfeksi, dari flash disk temen-temen kamu juga bisa. Virus tuh bisa nyerang ke sistem dengan bantuan User, jadi misalnya ada File terinfeksi virus, trus file yang terinfeksi itu kamu buka, nah dari situ virus bisa menyerang sistem komputer kita. Ada juga virus yang menyerang lewat autorun.inf, di dalam autorun itu ada kode yang bisa membuka file yang udah terinfeksi dari virus tersebut, jadi meskipun kamu ga buka tuh file tapi flashdisknya udah di colok, nah pas dicolok ke komputer autorun.inf kebuka, virus itu langsung menyebar deh ke komputer kamu.


   Bagian dari Malware(Malicious software) selanjutnya yaitu "Worm". Worm berbeda dengan virus, worm dapat mencopy dirinya sendiri ke memory komputer kita. Perbedaan dari worm dan virus adalah, Virus menginfeksi kode target, tetapi worm tidak. Worm hanya tinggal di memory. Worm dapat dengan cepat memperbanyak diri dan biasanya dilakukan pada media LAN atau Internet, resources jaringan yang terinfeksi akan habis bandwidthnya dibanjiri oleh worm yang akan mengakibatkan melambatnya aliran data. Contoh worm: I-Worm/Happy99(Ska), I-Worm/ExploreZIP, Sobig, Nimda, Code Red, Sircam. Worm umumnya berbentuk file executable (berekstensi .EXE atau .SCR), yang terlampir (attach) pada email.

    Oke lanjut, bagian dari Malware(Malicious Software) selanjutnya yaitu "Trojan". Seperti musuh dalam selimut, begitulah Trojan. Program ini menyamar sebagai aplikasi berguna, tapi tanpa diketahui bisa menimbulkan kerugian. Trojan menyerang data-data sensitif seperti nomor kartu kredit atau kode akses untuk online banking. Data-data tersebut dikirimkan ke programmer Trojan. Misalnya kita mendownload sebuah aplikasi cheat, nah di aplikasi itu bukan cheat melainkan Trojan. Kita tidak tahu bahwa itu adalah trojan, setelah kita mengklik aplikasi itu, dengan sekejap Trojan akan masuk ke komputer kita dan mengirimkan data-data penting kepada pembuat trojan itu.


Ciri-ciri komputer yang terinfeksi Virus


   Biasanya jika virus sudah menginfeksi dampak langsungnya adalah file kita yang rusak atau hilang, virus dapat mengatur komputer kita atau menggangu system operasi misalnya melakukan restart, sering terjadi crash atau hang, kinerja atau performa pc yang sangat lambat. Terkadang ketika komputer kita mengalami hal tersebut kita langsung saja membawanya ke Service komputer, padahal kita bisa memperbaikinya sendiri tanpa menghabiskan biaya untuk memperbaiki komputer itu.

   Kalau komputer kita terkoneksi ke internet lewat jaringan LAN, maka koneksinya akan lambat sekali bahkan terputus. Jika kita memeriksa bandwidhnya maka akan terlihat bandwidth yang tidak sedang kita gunakan.
    
Solusi Sebelum dan Setelah terinfeksi Virus

1) Pakai Antivirus   
Sebelum Komputer anda terinfeksi virus, Alangkah baiknya jika anda menggunakan antivirus atau internet security jika anda sering menggunakan internet. Banyak antivirus yang beredar buatan lokal maupun buatan Luar, Kalau gue sekarang menggunakan Kaspersky Internet security, memang sih harus bayar tapi daripada komputer kita diserang virus mulu males juga kan (Bisa pake crack tapi ga di share disini), Mending beli license sih paling 100rb an dapet license key buat 1 tahun. Selain melindungi kita dari virus, ternyata bisa menghalangi hacker untuk menyusup ke komputer kita. Untuk anda yang suka menggunakan antivirus gratisan saya menyarankan untuk menggunakan Avg Free Edition, cukup bagus untuk melindungi komputer kita daripada sama sekali tidak menggunakan antivirus ya kan :p .
 2) Update Antivirus
Walaupun kita menggunakan Antivirus tetapi ga pernah di update sama aja bohong, Virus tuh semakin hari semakin berkembang dan banyak varian-variannya. Jadi penting banget untuk melakukan update antivirus-antivirus kita.
3) Aktifkan Firewall
Setiap komputer yang menggunakan OS Windows biasanya terdapat Firewall, nah Firewall ini juga penting untuk mengatur akses yang masuk dan keluar dari sistem komputer kita. Firewall akan menentukan apakah paket data disetujui atau tidak.  
4) Back Up 
Kita tidak mau kan data kita hilang gara-gara virus, apalagi data kita itu sangat penting seperti tugas sekolah, skripsi, laporan, atau data bank, dll. Oleh karena itu back up komputer kita secara teratur, jadi meskipun data kita hilang atau rusak terkena virus kita masih ada cadangannya ^^ .
5) Scanning virus
Kita harus melakukan scanning virus secara rutin, misalnya 2 minggu sekali atau ketika komputer kita telah terinfeksi virus. Untuk melakukan scanning virus saya sarankan dengan "safe mode", safe mode dapat dilakukan dengan menekan F8 saat booting pertama windows. Jadi Antivirus dapat dengan akurat menyelidiki file-file yang telah terinfeksi.




Nih Link buat download antivirus..
4) Smadav
0 Komentar untuk "Mengenal Virus dan Cara Mengatasinya"

Back To Top